Kurang Tidur Picu Seseorang Lebih Banyak Makan Junk Food

Tidur menjadi aktivitas penting dalam keseharian. Sebab, dengan tidur seseorang bisa 'mengisi ulang' energinya setelah berakivitas seharian. Sehingga, ketika tidak tidur atau terjaga sepanjang malam, berbagai efek bisa terjadi mulai dari melemahnya sistem kekebalan tubuh hingga memengaruhi sistem kardiovaskular, fungsi kognitif, dan memori.
 
Menurut sebuah studi tahun 2010, efek jika tidak tidur dapat terjadi dengan cepat. Setelah terjaga semalaman, kemampuan kognitif seseorang akan terganggu, bahkan setara dengan seseorang yang tingkat alkohol dalam darahnya sebesar 0,1 persen.
 
Namni Goel, seorang ahli tidur dan profesor psikiatri di University of Pennsylvania, mengatakan bahwa selain kelelahan, kurang tidur juga dapat menyebabkan efek yang buruk bagi tubuh. Penelitian juga mengungkapkan orang yang kurang tidur lebih menginginkan makanan yang tidak sehat.
 

7 Tanda Sedang Banyak Racun di Dalam Tubuh

Tidak sakit belum tentu sehat. Anda mungkin merasa baik-baik saja, tidak demam, pilek, dan masih bisa bekerja. Tapi, di saat yang bersamaan, Anda juga merasa kurang bergairah dan cepat merasa lelah.
 
Hati-hati, lesu dan lelah walau tidak sakit bisa berarti tubuh Anda menumpuk banyak racun. Jika terus dibiarkan, dapat membahayakan organ-organ penting tubuh terutama ginjal yang memang berfungsi menyaring racun dalam tubuh.
 
Masih tak yakin jika tubuh Anda menyimpan racun? Coba simak gejalanya berikut ini :
 

Efek Begadang Sama dengan Makan Tak Sehat 6 Bulan

Ingin lebih sehat? Isi nasihat terbanyak yang mungkin Anda dapatkan ialah rutin berolahraga atau ajakan untuk memilih makanan kaya gizi.Sayangnya, nasihat untuk memperbaiki pola tidur masih terbilang sedikit. 
 
Padahal, sekitar sepertiga dari hidup, dihabiskan untuk tidur. Artinya, tidur memiliki peran penting dalam mewujudkan misi Anda untuk hidup lebih sehat. Para  peneliti dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, CA, memiliki buktinya.
 
Para peneliti membandingkan, antara efek kurang tidur dengan pilihan makanan tinggi lemak terhadap sensitivitas insulin dalam tubuh. Ketika sensitivitas insulin Anda rendah, maka tubuh Anda memompa insulin ke dalam darah yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Bagaimana Membedakan Ikan Salmon yang Segar dan Tidak

Ikan salmon merupakan ikan istimewa dibandingkan dengan jenis ikan lain karena kandungan gizinya yang tinggi berupa asam lemak omega 3. Ikan ini biasanya disantap mentah dan tanpa proses olahan, seperti dalam makanan sushi atau sashimi.
 
Kendati demikian, perlu kita perhatikan kesegaran ketika membeli salmon, baik ketika membeli sushi maupun dalam bentuk segar di supermarket. Terlebih lagi, salmon di Indonesia di import langsung dari Norwegia, negara peternak dan pengekspor ikan salmon terbesar di dunia.
 
Sonny Kurniawan, selaku Direktur Sushi Tei, salah satu gerai sushi di Indonesia menjelaskan bagaimana cara membedakan ikan salmon segar dan tidak dalam jumpa pers kerjasama Sushi Tei dengan Norwegian Seafood Concil di Mall Ciputra World, Jakarta (23/11/15).

Meletakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah Bikin Sehat atau Tidak?

Mungkin Anda pernah mendengar saran agar tidak meletakkan tanaman hias di dalam rumah. Konon bisa menyebabkan penghuni rumah dan tanaman berebutan oksigen.
 
Dikutip dari New York Times, Senin (23/11/2015) tanaman menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Sebuah studi di tahun 1989 yang dilakukan oleh NASA menemukan tanaman hias dan sistem akar mereka, tanah dan bakteri, menyerap polutan dalam ruangan seperti benzena, trichloroethylene dan formaldehida.
 
Thomas Whitlow, seorang ahli ekologi perkotaan di Cornell University mengungkapkan bahwa memiliki tanaman hias tidak mungkin menyebabkan peningkatan yang signifikan terkait kualitas udara dalam ruangan. Apalagi beberapa tanaman menghasilkan alergen.
 
Karena munculnya pendapat tersebut, beberapa studi kecil dihelar. Hasilnya justru ada manfaat kesehatan yang berhubungan dengan tanaman di dalam ruangan. Sebuah studi kecil di Norwegia pada tahun 1998 melaporkan bahwa keluhan pekerja seperti kelelahan, batuk, tenggorokan kering dan gatal ternyata lebih sedikit ketika ada tanaman di kantor mereka.

6 Cara Tetap Sehat Meski Sibuk Bekerja

Rutinitas di tempat kerja sangat memungkinkan kita untuk terjebak dalam pola hidup tidak sehat. Makanan dan minuman instan, kerja lembur, dan kurang gerak, adalah contoh yang biasa terjadi pada kebanyakan pekerja.
 
Bahkan, cita-cita untuk lebih banyak makan sayuran segar dan rutin berlatih di pusat kebugaran, sudah hampir setahun belum juga terlaksana.
 
Tapi jangan khawatir, masih ada cara  untuk meraih cita-cita hidup sehat sebelum akhir tahun tiba, tanpa harus meninggalkan rutinitas pekerjaan Anda.
 
1. Dimulai dari kaki
 
"Semakin banyak Anda menggerakkan kaki, semakin baik," kata ahli diet terdaftar dan blogger kesehatan Eat + Run, Keri Gans. Mulai hari Anda dengan memarkir kendaraan sejauh mungkin dari lokasi kantor atau jika Anda menumpang kendaraan umum, berhenti beberapa halte sebelum lokasi kantor.
 
Tempuhlah sisa perjalanan dengan berjalan kaki. Setibanya di kantor, pilih untuk naik tangga ketimbang lift. Jika posisi kantor Anda ada di lantai yang sangat tinggi, cobalah untuk tetap naik tangga sebanyak tiga sampai lima lantai, lalu sisanya Anda bisa menggunakan lift.