Olahraga Bisa Sebabkan Makan Berlebihan, Ini Cara Menghindarinya

Selain untuk menjaga kesehatan, pecinta olahraga pasti juga mengharapkan bentuk tubuh yang ideal pasca rajin latihan. Sayangnya, keinginan untuk makan banyak sering timbul setelah kalori dan lemak baru saja dibakar. Menurut riset yang dipublikasi The Journal of Physical Activity and Health, sebagian orang bahkan menginginkan makanan siap saji 44% lebih banyak pasca olahraga.
 
Hasil riset tersebut didapat dengan melakukan wawancara kepada 27 responden yang rajin olahraga. Para peneliti pun menganalisa kebiasaan makan dan latihan mereka. Dari studi itu ditemukan jika makan berlebihan setelah olahraga ternyata bukan hanya karena kelelahan atau kehilangan banyak tenaga. Namun karena ingin menghadiahi diri sendiri setelah melakukan sesuatu yang dianggap benar dan sehat.
 
"Tidak semua orang yang berolahraga menganggap olahraga menguntungkan, dan sebagian dari mereka menggunakan makan sebagai hadiah karena sudah aktif secara fisik," ungkap Simone Dohle sebagai salah satu penulis studi dan psikolog di University of Cologne Jerman kepada Huffington Post.
 
Sebenarnya menghadiahi diri sendiri dengan makanan pasca latihan tidak sepenuhnya salah. Namun hadiah yang pecinta olahraga berikan pada diri sendiri sayangnya tidak selalu sehat. Berdasarkan penelitian, 44% orang menginginkan makanan penutup yang manis dan 32% tidak mau mengonsumsi sayuran. Hal itu tentu bisa menggangu proses pengurusan berat badan serta merugikan kesehatan. 
 
Melihat penelitian ini, sebagian dari Anda mungkin bingung apakah harus mengurangi intensitas olahraga agar tak makan banyak. Hal itu tentu tidak perlu dilakukan. Salah satu solusi yang bisa Anda terapkan adalah mengetahui alasan Anda makan sebelum melahap santapan pasca latihan. Jika menurut Anda, kuliner tersebut hanya diinginkan karena ngidam serta sifatnya kurang sehat sebaiknya hindari saja.
 
Kemudian pastikan juga jika Anda memilih jenis olahraga yang disuka. Hal itu perlu dilakukan agar Anda tidak merasa harus menghadiahi diri dengan makanan kurang sehat. "Jika kamu mau menghindari banyak makan setelah latihan, lakukan apa yang membuatmu berpikir bahwa latihan itu menyenangkan. Semua yang membawa senyuman membuat Anda lebih sedikit makan." kata Dohle.
 
Sumber : Rahmi Anjani, http://wolipop.detik.com/read/2015/11/27/192345/3082615/849/olahraga-bisa-sebabkan-makan-berlebihan-ini-cara-menghindarinya