5 Langkah Sederhana Kendalikan Nafsu Makan Besar

Sulitnya menahan nafsu makan adalah alasan yang sering membuat program diet seseorang gagal. Ujung-ujungnya berat tubuh bukannya berkurang tapi malah bertambah karena makan tak bisa berhenti.
 
Nafsu makan sendiri sebetulnya adalah sebuah sistem yang memberitahu bahwa tubuh kekurangan nutrisi penting. Namun seringnya nafsu makan yang timbul pada orang-orang bukan karena hal tersebut melainkan karena respons emosi seperti bosan, sedih, gugup, atau kesepian.
 
Nah agar nafsu makan 'palsu' ini tak mengontrol Anda, berikut lima tips yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Foxnews pada Rabu (11/11/2015):
 
1. Jauhkan junk food
 
Bila nafsu muncul dan keinginan untuk mengunyah camilan tak tertahan, usahakan pilih makanan yang sehat. Ambil buah-buahan atau camilan yang mengandung serat dan protein sehingga Anda akan merasa cepat kenyang dan tubuh juga tak terlalu bertambah berat.
Taruh buah, sayur, atau kue kering tinggi serat di lemari yang mudah terjangkau. Sebaliknya taruh juga camilan seperti coklat, minuman ringan tinggi gula, atau yang lainnya di lemari teratas atau kulkas bagian belakang yang sulit terjangkau.
 
Dengan membiasakan mengonsumsi camilan sehat, dengan sendirinya seseorang akan terlatih untuk menghindari makanan-makanan tak sehat.
 
2. Pikirkan baik-baik
 
Sebelum mulai mengunyah makanan pikirkan baik-baik apakah Anda lapar? Apakah sudah lebih dari tiga jam dari makan terakhir? Jika jawabannya tidak maka dorongan nafsu makan yang Anda rasakan tersebut merupakan nafsu palsu yang dipicu oleh emosi.
 
Rasa lelah atau mengantuk juga bisa memicu nafsu makan karena tubuh salah mengira adanya kebutuhan energi tambahan. Bila memang demikian atasi dengan mengonsumsi sedikit kopi yang kafeinnya meningkatkan kesegaran tapi tak terlalu menambah kalori.
 
3. Minum air
 
Gejala dehidrasi sama seperti gejala orang kekurangan gula yang juga membuat tubuh kadang tertukar dengan kebutuhan untuk makan.
 
Bila muncul rasa lapar coba minum segelas air putih dingin terlebih dahulu sebelum mulai mengunyah makanan. Perhatikan dan rasakan apakah dorongan untuk makan itu masih ada.
 
4. Terapkan peraturan 15 menit
 
Agar tak terkecoh dengan rasa lapar palsu, coba terapkan peraturan 15 menit. Artinya setiap muncul dorongan untuk makan segera alihkan perhatian dengan misal menelepon teman, gosok gigi, membaca buku, lari, atau aktivitas apa saja.
 
Jika setelah 15 menit rasa lapar masih ada ambil sedikit porsi makanan lalu kemudian jauhkan makanan tersebut dari pandangan.
 
5. Dengarkan musik
 
Hormon serotonin diproduksi oleh tubuh ketika mendapat asupan gula dan bisa sedikit menimbulkan sensasi rasa bahagia. Nah bila perasaan sedih memicu seseorang untuk makan, coba dengarkan musik yang juga bisa membantu hasilkan serotonin.
 
Lebih baik lagi kalau mendengarkan musik ditambah bergoyang berdendang sehingga ada ekstra kalori yang dibakar sambil melawan nafsu makan.
 
Sumber : Firdaus Anwar, http://health.detik.com/read/2015/11/11/200107/3068682/1410/5-langkah-sederhana-kendalikan-nafsu-makan-besar