6 Cara Tetap Sehat Meski Sibuk Bekerja

Rutinitas di tempat kerja sangat memungkinkan kita untuk terjebak dalam pola hidup tidak sehat. Makanan dan minuman instan, kerja lembur, dan kurang gerak, adalah contoh yang biasa terjadi pada kebanyakan pekerja.
 
Bahkan, cita-cita untuk lebih banyak makan sayuran segar dan rutin berlatih di pusat kebugaran, sudah hampir setahun belum juga terlaksana.
 
Tapi jangan khawatir, masih ada cara  untuk meraih cita-cita hidup sehat sebelum akhir tahun tiba, tanpa harus meninggalkan rutinitas pekerjaan Anda.
 
1. Dimulai dari kaki
 
"Semakin banyak Anda menggerakkan kaki, semakin baik," kata ahli diet terdaftar dan blogger kesehatan Eat + Run, Keri Gans. Mulai hari Anda dengan memarkir kendaraan sejauh mungkin dari lokasi kantor atau jika Anda menumpang kendaraan umum, berhenti beberapa halte sebelum lokasi kantor.
 
Tempuhlah sisa perjalanan dengan berjalan kaki. Setibanya di kantor, pilih untuk naik tangga ketimbang lift. Jika posisi kantor Anda ada di lantai yang sangat tinggi, cobalah untuk tetap naik tangga sebanyak tiga sampai lima lantai, lalu sisanya Anda bisa menggunakan lift.
 
2. Bersiap untuk serangan lapar
 
Pastikan Anda memiliki simpanan makanan sehat untuk dimakan saat lapar menyerang sebelum waktu makan siang atau di sore hari. Ini akan mencegah Anda mencari camilan tidak sehat penuh kalori atau makanan instan.
 
 Jika rasa lapar ini terlalu lama ditahan, ada kemungkinan Anda akan makan dengan kalap saat waktu makan siang atau makan malam tiba. Jadi, silakan makan ketika lapar, asal perhatikan apa yang Anda makan.
 
 
3. Bawa makan siang sendiri
 
Jika Anda sulit mendapat makanan sehat di sekitar tempat kerja, berusalah untuk membuatnya sendiri di rumah dan membawanya ke kantor.
 
Dada ayam rebus atau ikan, nasi merah atau roti gandum utuh, lalapan dan sambal terasi, adalah contoh menu sederhana dan sehat yang akan mencegah Anda memesan gulai ayam berlemak beserta kikil atau soto jeroan berkuah santan.
 
Tambah dengan buah atau yoghurt Yunani, makin sempurnalah makan siang Anda.
 
 
4. Latihan ringan di meja kerja
 
Tidak semua kantor menyediakan waktu dan tempat untuk karyawannya berolahraga di tempat kerja. Tapi Anda bisa mengakali hal ini dengan melakukan gerakan olahraga ringan, tanpa harus meninggalkan meja kerja.
 
Gunakan alat bantu sederhana seperti resistance band dan barbel kecil yang bisa digunakan kapan saja ada kesempatan.
 
Lakukan juga latihan mengangkat kedua kaki bersamaan hingga sejajar paha, tahan selama 10 detik, lalu turunkan. Ulangi semampu Anda. Gerakan dari Mayo Clinic ini dapat Anda lakukan bahkan sambil mengetik.
 
 
5. Teruslah bergerak
 
Sangat penting untuk terus bergerak sepanjang hari. Saat waktu istirahat siang tiba,  bawa bekal makan siang Anda ke luar kantor. Nikmati di taman atau atau di mana saja yang memungkinkan.
 
"Yang penting, Anda bisa menggerakkan kaki sambil rehat sejenak dan menikmati hidangan makan siang yang sehat," kata Gans.
                      
 
6. Batasi hura-hura setelah jam kerja
 
Ini bukan berarti Anda tidak boleh bersosialisasi. Boleh saja, asal batasi konsumsi kopi yang penuh krim dan gula, makanan manis dan terlalu berlemak, atau bahkan minuman beralkohol.
 
Banyak orang mengisi waktu-waktu luang sesudah jam kerja dengan melakukan petualangan kuliner yang membahayakan berat badan.
 
Alih-alih menambah ekstra kalori, pilihlah kegiatan lain seperti menonton film atau menonton pertunjukkan seni yang diawali dengan makan salad buah dan sayur, serta jus murni di restauran favorit. 
 
 
Sumber : Lily Turangan, http://health.kompas.com/read/2015/11/23/144500823/6.Cara.Tetap.Sehat.meski.Sibuk.Bekerja